Thursday, May 1, 2008

Gaple Berhadiah

“Bang jo, gimana bang jo? Kesini nggak?” Tanya boni lewat telpon dengan menirukan logat Richard, vokalis Shaggydog di lagu jalan2.
“Emange pada kumpul po?” Tanyaku.
“Hoo ki, nih anak2 pada ngumpul nih, ada 7 orang.”
“Yow is tunggu bentar” Anak2 mudika mang baru seneng2nya ngumpul, kebetulan juga diberi ruangan sendiri diluar gereja khusus buat mudika paroki. Anak2 biasa nongkrong di ruang mudika(biasa disebut kandang munyuk karena kotornya) ataupun panti paroki. Biasanya si cuman bercanda, tapi sambil ngomongin rencana2 kegiatan yang akan dijalankan. Yang sudah dibentuk si baru Mudika Paroki, Pengurus PIA, Panitia EKM, trus nambah lagi komunitas2 baru ada Koor Mudika Paroki, Karawitan, Tim Bulletin. Sebagian besar yang ngurusin itu semua ya itu2 aja. Paling banter 25 orang. Makanya saking seringnya ketemuan kita semakin akrab, dan gokil2an. Salah satu hiburan kami saat ngumpul ya cuman bercanda, gitaran, trus maen gaple dengan taruah tentunya, tapi bukan uang.
Pertamanya si pake sterofoam di potong2, lambat laun berganti kek selasa 7 April kmaren. Ide pertama keluar si dari Febri, pertamanya si yang nggak isa nurunin kertu dapet hadiah diplester mukanya pake solasi, pertamanya cuman panjang 1-2cm, trus pada di tempelin kertas. Awalnya si cuman kecil2, makin lama makin ancur. Ada bungkus rokok, sobekan Koran, bungkus sabun, apa aja yang sekiranya ringan dan bisa ditempelin ke muka pake isolasi. Yang paling ancur tu, puntung rokok baunya itu loh, trus pion catur kan berat, korek gas. Jadi muka tu penuh dengan barang2 nggak jelas gitu. Satu putaran permainan mungkin ada satu yang mukanya masi bersih tapi bisa aja dalam satu putaran permainan bisa aja mendadak penuh mukanya dengan sampah, dan sampah2 itu berputar terus, mungkin ditempatq ada puntung rokok putaran berikutnya udah pindah ke muka yang laen terserah mo hadiahin ke siapa nantinya.

Atura permainan :
Contohnya, aq maen sama eka, anton ma boni. Didepanq anton, sebelah kiriq boni dan kananq eka. misalnya aq naruh kertu gaple 5, diujung satunya ada 2. Jika eka ngga punya kertu 2 ataupun 5 dia dapet hadiah dari aq terserah apa yang ada di mukaq. Begitu juga jika anton dan boni nggak punya mereka juga dapet hadiah dariq. Kalo dimukaq udah nggak ada tempelan mereka dapet dari bank. Bank itu ya apa aja yang ada disekitar kita yang bisa ditempelin ke muka. Kalo ada yang nutup gaple ternyata ada yang lebih kecil nilainya dia dapet hadiah dari ketiga lawanya. Intinya aturan sepeti itu, cuman tiap2 lingkungan biasanya rada beda2 dikit. Intinya jumlah keseluruhan sampah dimuka para pemain tu bertambah, nggak akan berkurang, kalo berpindah-pindah iya.

SELAMAT MENCOBA….!!!!

No comments: